Ratusan Rumah Terendam Banjir Di Kecamatan Sunggal Deliserdang

Banjir Kecamatan Sunggal

topmetro.news – Diperkirakan banjir menerjang ratusan rumah di Kecamatan Sunggal Deli Serdang, akibat curah hujan yang turun, Jumat (4/12/2020) dinihari.

Hingga menjelang siang hari, air masih terlihat menggenangi rumah warga di Desa Payageli dan Desa Lalang Kecamatan Sunggal Deli Serdang.

Arifin (53) warga Desa Payageli Kecamatan Sunggal Deli Serdang menjelaskan, hujan mulai turun sejak Kamis (3/12/2020) sekira pukul 19.00 wib dan sempat reda. Namun pada Jumat dinihari, tutur Arifin, hujan kembali turun dengan lebatnya.

Hujan lebat yang turun hingga beberapa jam, mengakibatkan banjir di beberapa Desa di Kecamatan Sunggal Deli Serdang. Bahkan, debit air meninggi hingga hampir mencapai 1 Meter.

Banjir Setinggi 1 Meter Lebih Juga Melanda Desa Payageli Kecamatan Sunggal

Banjir yang melanda Kecamatan Sunggal Deli Serdang, mengakibatkan lumpuhnya aktivitas warga pada pagi hari.

Muslim Lubis (54) penduduk Desa Payageli Gang Mesjid Kecamatan Sunggal Deli Serdang mengatan, debit air setinggi 1 Meter lebih mulai surut sekira pukul 11.00 wib.

“Aktivitas warga terhenti karena banjir menggenangi Desa Payageli, banyak rumah yang terdampak banjir ini bahkan perabotan rumahtangga milik warga banyak yang rusak,” ucap Muslim.

Jalan Binjai Km 10 Terendam Banjir

Hingga Jumat (4/12) sekira pukul 15.00 wib, Jalan Lintas Binjai Km10 Desa Payageli masih terendam banjir. Rumah warga yang berdomisili di pinggir jalan tersebut, juga kebanjiran akibat curah hujan yang turun dengan derasnya.

Terlihat, tembok pagar Komplek Pertamina di kawasan tersebut yang terbuat dari beton tumbang karen tidak sanggup menahan debit air yang tinggi.

Selain Desa Payageli, ratusan rumah warga yang berdomisili di pinggiran bantaran sungai Belawan Desa Lalang juga tak luput dari musibah banjir.

Bahkan, air sungai Belawan meluap hingga ke darat dan masuk ke pemukiman rumah warga. Beberapa orang warga mengaku, sempat ketakutan bila banjir bandang akan datang karena terlihat air sungai sudah mencapai daratan.

Camat Sunggal Deli Serdang, Ismail SStp ketika dikonfirmasi pada Jumat (4/12) sekira pukul 14.10 wib terkait banjir yang melanda beberapa desa di Kecamatan Sunggal Deli Serdang dan penanganan solusi banjir tersebut, Ismail enggan memberikan komentar.

Reporter l Dian

Related posts

Leave a Comment